17 Januari

TIPS HEMAT BATERAI SMARTPHONE ANDA

Pernahkah anda mengalami kejengkelan yang luar bisa ketika anda bepergian semisal berwisata ke suatu tempat.

Lalu anda mempersiapkan ponsel pintar kesayangan anda dengan mengisi baterai saat beberapa jam menjelang keberangkatan.

Saat jam keberangkatan ke wisata baterai smartphone anda telah terisi dengan penuh dan siap digunakan untuk bernarsis ria atau sekedar bermain sosial media saat di tempat wisata.

Akan tetapi, kejadian yang tidak anda prediksi sebelumnya dialami oleh baterai ponsel yang secara tiba-tiba terkuras hingga menunjukkan notifikasi lowbat.

Tentunya hal ini akan membuat anda kehilangan mod, perasaan kesal, kecewa langsung campur aduk di dalam hati dan pikiran, iya kan ?

Menanggapi kasus semacam ini,
sebaiknya anda jangan terlalu menyimpulkan bahwa smartphone anda mempunyai kwalitas yang buruk.

Alangkah baiknya anda berkaca diri siapa sangka baterai anda mudah lowbat karena sudah mulai rusak akibat perawatan yang anda lakukan secara asal-asalan.

Saking parahnya, banyak baterai smartphone yang tiba-tiba panas dan meledak sehingga membahayakan penggunanya.

Untuk anda yang belum mengalami hal demikian, saya sarankan untuk merawat baterai secara serius agar baterainya awet dan tidak mudah rusak atau bocor.

Bayangkan saja jika baterai anda rusak, anda harus menggantinya dengan baterai yang asli, sedang baterai yang asli dan awet sangat sulit kita dapati di pasaran, apalagi harganya sangat mahal.

Nah silahkan tips sederhana di bawah ini anda praktekkan terhadap smartphone anda :

1.Jangan menaruh smartphone di dalam ruangan yang bersuhu tidak normal. Maksudnya suhu terlalu panas dan terlalu dingin. Menurut hasil penelitian, menaruh ponsel pintar di suhu 40 derajat celcius atau lebih bisa memberikan efek buruk terhadap baterai. Biasanya baterai akan mudah rusak atau bocor.

2.Jangan sekali-kali iseng untuk menaruh beberapa baterai dengan kutub-kutubnya saling berhubungan. Lebih baik jauhkan smartphone anda dengan smartphone yang lainnya.

3.Jangan pernah mencabut baterai dari smartphone kemudian menaruhnya berdekatan dengan koin ataupun benda-benda lain yang bermuatan metal. Karena jika ini terjadi, baterai dan koin akan memicu hubungan arus pendek yang berakibat fatal terhadap baterai anda.

4.Agar baterai tidak mudah terkuras dayanya, saya sarankan untuk selalu mematikan GPS, WiFi serta Bluetooth jika tidak terpakai. Karena dengan selalu mengaktifkan ke tiga fitur ini, smartphone akan terus bekerja. Terutama WiFi dan GPS yang bakalan menyedot daya baterai anda lebih banyak.
Hidupkan saja ketika mereka ini dibutuhkan.

5. Tutup beberapa aplikasi yang sekiranya tidak penting namun tetap berjalan tanpa anda sadari.

Caranya dengan membuka Task Manager dan silahkan pilih aplikasi yang ingin anda matikan karena tidak digunakan.

Lakukan hal demikian secara berkala, semisal dua jam sekali.

6.Jika anda sedang bepergian, lebih baik anda mematikan beberapa widget yang tidak penting. Karena saat bepergian, anda jelas tidak memerlukan widget-widget yang awalnya anda manfaatkan untuk mempercantik tampilan smartphone anda.

7.Atur brightness layar, secukupnya saja tidak usah terlalu cerah.

8.Jika smartphone anda mempunyai fitur seperti airview dan eye gesture, matikan saja ke dua fitur ini saat tidak digunakan.

Tips di atas memang sangat sederhana dan mudah sekali diaplikasikan.
Namun sayang banyak pengguna smartphone yang menganggapnya tidak penting.
Mudah-mudahan setelah saya sampaikan betapa berharganya menjaga baterai smartphone,
tips ini bisa membantu anda.



Sumber:Hargadroid

Tidak ada komentar: